7 Keindahan Terpendam Pada Permainan Catur

7 Keindahan Terpendam Pada Permainan CaturHingga saat ini masih banyak publik yang bertanya – tanya apakah catur termasuk salah satu cabang olahraga internasional. Jawabannya sudah pasti iya. Sekalipun olahraga ini tidak banyak menguras keringat dan mengandalkan kekuatan otot. Akan tetapi poin yang terpenting pada permainan tersebut adalah menguras lebih banyak pikiran.

Sebab permainan ini menjadi paling legendaris sejak muncul beberapa abad silam. Sejauh ini pun telah banyak muncul pecatur profesional dunia yang mungkin tidak pernah tergantikan. Indonesia pun juga memiliki nama besar yang selalu berkecimpung di dunia catur. Di balik semua itu, terdapat keindahan terpendam yang ada pada game tersebut. Dan ulasannya telah kami rangkai pada beberapa poin berikut.

1. Game Paling Komprehensif
Merupakan fakta utama dimana catur merupakan game yang paling komprehensif. Tujuan pada permainan tersebut tak lain adalah mengalahkan taktik dan strategi yang dibangun para lawan dengan catatan waktu singkat atau panjang. Hal yang paling memungkinkan pada olahraga ini yaitu ketika lawan yang dihadapi merasa kehilangan akal sehat dan konsentrasi. Di saat itulah permainan bisa berbalik arah dan kemenangan pun sangat mudah muncul di depan mata. Selebihnya catur juga sangat kompetitif lantaran semua usia berhak untuk mengikuti kejuaraan secara terbuka. Tentunya perang urat syaraf akan meluas di berbagai meja hanya untuk membuktikan siapa yang terbaik.

2. Otot Menjadi Kuat
Secara umum, permainan catur hanya dilakukan di atas meja dan para pemain hanya menduduki kursi yang ditentukan dengan memindah buah catur pada kotak tertentu. Sebagian besar orang menilai bahwa olahraga tersebut terbilang santai lantaran tidak menguras keringat atau mungkin membakar kalori lebih banyak dari pada lari. Akan tetapi anggapan tersebut salah besar. Faktanya olahraga ini sering menghabiskan waktu berjam – jam. Dan pastinya permainan ini menuntut pemain untuk memiliki kekuatan otot dan fisik. Sebab jika pecatur tidak memiliki stamina dan energi yang cukup, maka pikiran jernih tersebut akan hilang. Tentunya kekalahan pun akan langsung datang tanpa waktu lama.

3. Butuh Banyak Keterampilan
Jika dibandingkan dengan olahraga serupa sepakbola, catur juga membutuhkan banyak keterampilan. Sebab sepakbola bukan hanya soal menendang atau menangkap bola saja, tapi juga memiliki cara – cara yang berbeda untuk menyikapi atensi permainan agar tidak dikendalikan oleh para lawan. Dalam permainan catur, mempelajari penguasaan taktik dan strategi merupakan hal terpenting untuk menjadi pemenang. Sebab jika langkah yang dimainkan terbaca lawan, maka upaya menang akan sulit. Terlebih para lawan bisa melakukan serangan balik dengan cara tak terduga. Keindahan pada game ini menuntut para pemain untuk tetap memiliki ide cemerlang untuk merusak konsentrasi lawan.

7 Keindahan Terpendam Pada Permainan Catur

4. Peraturan yang Ketat
Walaupun hanya bermain dengan cara duduk, namun catur juga punya peraturan yang sangat ketat pada saat atmosfir pertandingan dimulai. Diketahui bahwa aturan tersebut salah satunya adalah menghormati setiap lawan sebelum bertanding. Hal ini bertujuan agar ritme permainan yang berlangsung hingga hasil akhir tidak terjadi kesalahpahaman. Walau sejatinya tujuan pada permainan ini adalah menghancurkan pikiran lawan agar mereka tidak fokus pada jalannya permainan. Di sisi lain, arogansi pada game tersebut tidak diberlakukan demi menjaga nama baik pribadi dan tim serta orang lain. Karena pada umumnya setiap cabang olahraga akan lebih indah jika selalu menjunjung tinggi nilai – nilai sportifitas.

5. Dilarang Mengkonsumsi Doping
Perlu diketahui lagi bahwa catur memang olahraga yang tidak terlalu memakan kinerja fisik. Akan tetapi tulang punggung dan otot kaki sangat diharuskan untuk memiliki kesehatan prima agar tetap bugar pada saat bermain dengan jangka waktu yang lama. Namun tak sedikit pemain curang yang lebih memilih untuk mengkonsumsi obat – obatan berupa doping dengan tujuan agar tetap semangat saat merangkai strategi demi mengalahkan lawan. Ingat bahwa tim forensik akan selalu mengawasi kondisi kesehatan setiap peserta. Dimana mereka dilarang keras untuk menggunakan cara tersebut tanpa alasan yang jelas. Jika ketahuan, mereka akan dijatuhkan sanksi khusus.

6. Diakui Dalam Olimpiade
Dulunya pun permainan catur hanya sebatas pertandingan antar perorangan hingga kelompok. Dimana pecatur yang hebat akan mendapatkan tantangan dari lawan baru untuk menentukan mana yang lebih unggul sebagai pemenang masa depan. Seiring berjalannya waktu, catur pun telah diakui secara resmi oleh Komite Olimpiade seluruh dunia sebagai olimpiade nasional hingga internasional yang bernama Olimpiad. Banyak pecatur kelas dunia yang terjun untuk memamerkan skill dan keliahaian masing – masing hanya demi menjaga nama baik diri pribadi, agen dan Tanah Air. Sementara Indonesia pun sering mendelegasikan pecatur handal walau kenyataannya masih harus menghadapi sejumlah pecatur bergelar master.

7. Punya Sistem Peringkat
Dan sisi keindahan yang lain pada olahraga catur adalah memiliki sistem peringkat. Dimana status tersebut telah dibuat secara resmi berdasarkan keputusan International Chess Federation (FIDE) sejak tahun 1960. Jadi tak hanya olahraga populer saja yang memiliki nama besar sebagai pecatur dunia profesional.

Berdasarkan data terbaru per Agustus 2022, Pecatur Norwegia Magnus Carlsen masih menduduki peringkat pertama berdasarkan ELO Rating dengan nilai 2864. Yang pasti cabang olahraga tersebut akan semakin berkembang menyusul dengan banyaknya bibit unggul dari masing – masing negara.

Jika mengacu pada beberapa keindahan di atas, jelas sekali bahwa permainan catur termasuk olahraga yang mengesankan. Dan Olimpiad 2022 akan berlangsung di India September mendatang. Dimana pemenang utama akan berhadapan langsung dengan Grand Master Magnus Carlsen.