8 Rekomendasi Ide Bisnis Kerajinan Tangan Yang Sangat Menguntungkan

8 Rekomendasi Ide Bisnis Kerajinan Tangan Yang Sangat Menguntungkan

8 Rekomendasi Ide Bisnis Kerajinan Tangan Yang Sangat Menguntungkan – Bisnis kerajinan tangan bisa dijadikan pilihan bagi Anda yang mempunyai budget terbatas. Hal itu dikarenakan untuk memulai mendirikan bisnis tersebut tidak memerlukan modal yang banyak. Meskipun modal yang digelontorkan tidak banyak tetapi jika dilakukan secara sungguh-sungguh bisa menghasilkan keuntungan maksimal. Lantas apa saja ide kerajinan tangan dengan modal sedikit itu?.

8 Ide Bisnis Kerajinan Tangan Kekinian Dengan Modal Kecil

Setidaknya terdapat 8 ide bisnis kerajinan tangan yang bisa Anda pilih, untuk lebih jelasnya mengenai delapan ide tersebut langsung saja baca ulasan di bawah ini hingga selesai.

  • Sabun Organik

Rekomendasi pertama ide bisnis kerajinan tangan dengan modal kecil yang bisa dicoba yaitu membuat sabun organik. Bisnis ini juga cukup menjanjikan mengingat saat ini telah banyak masyarakat Indonesia yang mulai beralih menggunakan sabun organik untuk mandi. Untuk sabun organiknya sendiri bisa dibuat dengan berbagai macam varian warna, aroma dan bentuk. Dalam hal ini bagi yang belum mengetahui cara membuat sabun organik bisa mempelajarinya melalui tutorial di YouTube atau mengikuti kursus. Nantinya Anda bisa menjual produk sabun organik itu dalam bentuk satuan atau mengemasnya menggunakan wadah agar lebih menarik banyak pelanggan. Sedangkan untuk kegiatan promosinya bisa dilakukan secara online melalui sosial media seperti Facebook, Instagram maupun WhatsApp.

  • Membuat Lilin Aromaterapi

Peminat dari lilin aroma terapi yang sangat banyak membuat bisnis ini sangatlah menjanjikan. Di mana lilin aromaterapi itu memiliki fungsi untuk mengharumkan ruangan dan digunakan untuk relaksasi. Selain dibeli untuk penggunaan sendiri, produk tersebut juga sering dijadikan ide bingkisan dan souvenir pernikahan. Dalam hal ini agar berbeda dengan lainnya Anda bisa membuat lilin aroma terapi itu menggunakan bahan-bahan alami seperti plam wax, beeswax dan soy wak. Untuk bentuknya sendiri bisa dicetak menggunakan wadah-wadah yang unik.

  • Lukisan

Usaha lukisan ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki skill menggambar. Di samping bisa dijadikan untuk dekorasi ruangan lukisan juga dapat digunakan untuk bingkisan atau hadiah bagi orang-orang tersayang. Oleh karenanya tidak heran jika bisnis ini mempunyai target pasar yang cukup luas. Untuk menjualnya bisa dilakukan dengan cara menyediakan berbagai macam ukuran. Agar lukisan yang dihasilkan itu terlihat lebih menarik bisa menawarkan dengan berbagai macam pilihan gaya mulai dari realisme, romantisme dan naturalisme.

  • ┬áHasil Rajutan

Rekomendasi selanjutnya bisnis kerajinan tangan dengan modal minim yaitu menjual berbagai macam hasil rajutan. Untuk memulai bisnis ini bisa dilakukan dengan modal kecil. Hal itu dikarenakan untuk membuat rajutan hanya membutuhkan benang dan jarum saja. Adapun beberapa produk rajutan yang bisa dipilih seperti tas, sweater, topi dan selimut. Namun perlu diketahui bahwa ketika ingin memulai terjun ke dalam bisnis kerajinan ini maka perlu menjalaninya dengan kesabaran dan ketelatenan, Pasalnya proses pembuatan hasil rajutan terbilang cukup sulit.

8 Rekomendasi Ide Bisnis Kerajinan Tangan Yang Sangat Menguntungkan

  • ┬áVas Bunga

Bisnis kerajinan vas bunga juga termasuk ke dalam usaha yang sangat menjanjikan. Hal itu dikarenakan sekarang tidak sedikit masyarakat Indonesia yang membeli vas bunga untuk dijadikan dekorasi rumah. Adapun beberapa jenis vas bunga yang bisa dibuat seperti memanfaatkan barang bekas dan dari tanah liat. Jika dalam hal ini lebih menginginkan membuat vas bunga yang terbuat dari tanah liat maka bisa menjualnya dengan harga lebih mahal . Sedangkan jika vas bunga yang dibuat itu dari bahan bekas bisa menjualnya dengan harga lebih murah. Untuk kegiatan promosinya sendiri bisa dilakukan secara online maupun offline. Namun agar bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal sebaiknya promosi itu dilakukan secara online melalui berbagai sosial media.

  • Kartu Ucapan

Kebiasaan masyarakat Indonesia yang sering mengirimkan kado kepada orang-orang tersayang membuat kartu ucapan bisa dijadikan ide bisnis. Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini juga terbilang tidaklah terlalu banyak yakin hanya perlu menyiapkan berbagai jenis kertas dan perangkat komputer maupun laptop. Selain itu juga bisa membuatnya dengan cara tulis tangan atau lebih dikenal hand lettering. Agar nantinya kartu ucapan itu bisa menarik dan mempunyai nilai estetika untuk membuatnya dapat menggunakan berbagai macam kanvas, keramik dan tanah liat. Dalam hal ini semakin sulit proses pembuatan kartu ucapan itu maka harga jualnya jauh lebih tinggi.

  • Sablon Kaos

Rekomendasi selanjutnya ide bisnis kerajinan tangan dengan modal minim yaitu mendirikan jasa sablon kaos. Saat ini banyak masyarakat Indonesia yang mulai melirik jasa sablon kaos untuk memesan seragam. Untuk memulai bisnis ini perlu menyiapkan modal berupa peralatan sablon dan mesin press. Sedangkan harga dari jasa sablon kaos itu bervariasi tergantung pada tingkat kesulitan dari gambar yang dicetak. Bukan hanya mesin saja namun modal lainnya yang perlu dipersiapkan ketika ingin memulai bisnis ini yaitu berbagai macam jenis kaos. Sama halnya dengan bisnis pada umumnya kegiatan promosi dari sablon kaos ini dapat dilakukan secara online melalui marketplace atau social media.

  • Aksesoris Wanita

Aksesoris wanita juga bisa dijadikan ide bisnis kerajinan tangan yang tidak memerlukan modal banyak. Di mana produk-produk aksesoris wanita yang sangat diminati yaitu terbuat dari manik-manik seperti kalung, cincin dan gelang. Dalam hal ini untuk mengetahui trend terbaru mengenai aksesoris wanita bisa dilakukan dengan cara mencari berbagai macam referensi di internet.

Itulah tadi 8 rekomendasi ide kerajinan tangan dengan modal kecil yang bisa Anda pilih sesuai keinginan.