Mengasah Kemampuan Dengan Pembelajaran Online

Saat ini kita tidak bisa menutup mata dengan kemajuan teknologi terutama teknologi informatika. Sekarang bukanlah sebuah kemustahilan untuk belajar tanpa harus bertatap muka. Kita bisa menggunakan kemajuan tekhnologi informasi yang berbasais online untuk belajar hal -hal baru yang ingin kita kuasai. Lalu apa itu pembelajaran online? Pembelajaran online adalah pembelajaran melalui media digital dan pemanfaatan internet. Pembelajaran seperti ini cocok di gunakan untuk generasi muda jaman sekarang. Anak muda jaman sekarang sangat dekat dengan yang namanya teknologi digital. Mereka juga sangat mengenal produk – produk teknologi informatika seperti handphone, komputer, dan juga laptop.

Keuntungan dari pembelajaran secara online adalah waktu yang fleksibel, bisa dimanapun dan kapanpun asalkan terkoneksi dengan jaringan internet. Kita juga bisa berkomukasi secara langsung tanpa harus bertemu muka secara langsung. Sedangkan kelemahannya adalah membutuhkan koneksi internet yang stabil agar bisa berjalan lancar. Dengan pembelajaran online kita dapat mengulang materi sampai kita paham. Kita juga bebas memilih materi yang kita inginkan.

Pembelajaran Online

Saat ini banyak sekali lembaga – lembaga pendidikan baik formal maupun non formal yang menawarkan metode pembelajaran secara online ini. Ada banyak kursus ketrampilan yang di tawarkan. Kita tinggal memilih kemampuan mana yang akan kita asah. Kita bisa memilih tutor yang bisa kita pilih, tentunya yang penjelasannya mudah untuk kita pahami. Dengan materi kursus yang beragam dan pemilihan waktu yang fleksibel akan sangat menguntungkan bagi kita yang tidak memiliki cukup waktu untuk menghadiri pembelajaran tatap muka. Kita tidak hanya belajar dari tutor lokal atau dalam negeri saja, kita juga bisa megikuti tutor luar negeri. Semakin banyak tutor yang kita ikuti akan semakin banyak pula referensi dalam mengembangkan bakat yang kita miliki.

Karena kerbatasan ilmu yang kita pelajari di sekolah formal maka perlu menambah skill kita melalui pembelajaran online. Banyak website yang menyediakan kursus online dan seminar secara gratis maupun berbayar. Kelas yang di tawarkan beragam dengan tutor yang ahli di bidangnya dengan ilmu yang selalu di update. Pembelajaran kelas online disesuaikan dengan perkembangan zaman. Tidak hanya ilmu seperti sains, bahasa, matematika, dan lainnya, namun banyak ilmu lain untuk mengasah keahlian. Ilmu lain yang bisa dicoba yakni ilmu desain, publicspeaking, sales, IT, dan masih banyak lagi. Inilah beberapa rekomendasi situs yang bisa anada kunjungi

1. Edx
Situs belajar ini lahir sejak tahun 2012 lalu. Situs ini lahir saat dua kampus elite dunia mempunyai visi yang sama dalam mendukung pendidikan. Harvard dan MIT dengan serius menggarap situs online edx dengan baik dan matang yang bisa di lihat dari konten materi yang belum tentu ada di sekolah . Seperti kelas Basic Spanish di language section yang hanya berdurasi 7 minggu. Jika kita ingin mendapatkan sertifikatnya kita harus membayar sesuai biaya yang tertera di course.

2. Alison
Situs belajar ini lahir pada tahun 2007 dan sekarang sudah mencakup 195 negara dengan 11 juta lebih pemgguna. Untuk kita yang mau belajar desain grafis ada beberapa pembelajaran yang bisa dipilih. Dari desain produk , design thinking (analisa dan observasi) dan progam pembelajaran online hingga bergelar Diploma. Kabar baik dari situs ini kita bisa mengikuti kursus secara gratis.

3. Brainly
Situs ini bisa di bilang situs yang interaktif, dimana kita bisa mengajukan pertanyaan yang akan di kelompokan menurut bidang studinya. Pertanyaan kita akan dijawab oleh para user dari segala penjuru dunia yang tentunya akan menambah wawasan kita. Kita juga akan mendapatkan teman baru.

4. Khan Academy
Situs ini menawarkan pembelajaran gratis dan course yang ditawarkan variative. Situs ini menawarkan beberapa kelas di antaranya SAT, Arts, humanities, dan matematika. Kita bisa mengunduh situs ini di iOS atau android. Selain belajar kita juga bisa menjadi volunter di situs ini. Situs ini di gagas oleh Salman Khan.

5. Glints Expert class
Situs belajar online ini mengajarkan skiil di dunia kerja. Setiap kelasnya ada penambahan seputar pengembangan diri. Kelas – kelas di sini ada yang di pandu dengan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Kita punya kesempatan bertanya langsung pada pembicara di setiap akhir sesi pembelajaran. Kita juga akan mendapatkan sertifikat digital setelah menyelesaikan kelas.

6. Udemy
Situs ini membuka kursus desain grafis yang di bagi dalam beberapa kategori. Kita bisa memilih kelas desain logo, melukis digital, karakter, dan masih lainnya. Kita bisa belajar program ini hanya dengan mulai 140 ribuan saja. Jika kita sudah menjadi ahli, kita juga akan di beri kesempatan untuk menjadi mentor. Situs pembelajaran ini juga cocok bagi pemula untuk belajar.

7. Ruangguru
Ruang guru adalah situs belajar online buatan anak bangsa. Kita bisa pilih program seperti lesonline dan ruangles. Ruang les ini akan menghadirkan guru privat ketempat dan waktu yang kita tentukan. Tentunya secara daring ya.

Website www.gatherspace.com juga memberikan beberapa rekomendasi situs diatas bisa di coba . Modul belajar yang mudah di pahami dan tentor yang mudah diikuti tentu menjadi pilihan kita dalam memilih situs belajar online. Kita tidak boleh ragu dalam hal menngembangkan skill dan ketrampilan kita. Karena dunia kerja lebih membutuhkan skill yang tak biasa saja. Mari kembangkan kemampuan dan skill kita dengan memanfaatkan pembelajaran online.