Peran Teknologi Digital di Era Pandemi

Peran Teknologi Digital di Era Pandemi

Peran Teknologi Digital di Era PandemiBeberapa waktu yang lalu dunia digemparkan dengan kemunculan Covid-19. Pandemi Covid-19 nyatanya mampu memberikan dampak luar biasa bagi semua orang. Tidak hanya dunia kerja yang terdampak langsung oleh pandemi, dunia pendidikan dan dunia kesehatan juga ikut terdampak. Jika sebelumnya kegiatan belajar di sekolah dilakukan secara tatap muka, maka selama pandemi kegiatan belajar dilakukan secara online.

Teknologi memberikan peran penting untuk menunjang aktivitas di era pandemi. Pembatasan aktivitas yang diberlakukan membuat beberapa bidang menjadi tidak produktif. Setelah angka penyebaran Covid-19 menurun pembatasan aktivitas mulai dilonggarkan. Kelonggaran ini dimanfaatkan oleh semua pihak untuk memulai aktivitas secara normal.

Hampir semua bidang membutuhkan teknologi digital untuk tetap bisa beroperasi di masa pandemi. Ada beragam teknologi digital yang bisa dimanfaatkan masyarakat. Walaupun pada dasarnya keberadaan teknologi ini sudah dipergunakan setiap hari, namun sejak adanya pandemi ini peran teknologi digital sangat penting. Dari yang tidak bisa menggunakan teknologi tersebut, kini semua orang mulai bisa menggunakannya. Semua orang mulai belajar menggunakan teknologi digital untuk menunjang aktivitas.

Teknologi digital bisa dikembangkan menyesuaikan kebutuhan masyarakat saat ini. Adanya teknologi digital mampu melahirkan sebuah sistem Work From Home (WFH). WFH biasanya hanya dipergunakan untuk sektor kerja tertentu. Bisanya para pekerja lepas menggunakan sistem kerja WFH tersebut. Namun di era pandemi ini, sistem WFH mulai terkenal semua orang. Sistem WFH diuji cobakan untuk semua sektor kerja selama pandemi. WFH dianggap sebagai solusi terbaik untuk tetap beraktivitas normal di era pandemi. Walaupun tidak mudah menjalankan WFH, namun adanya tenologi digital kegiatan WFH menjadi lebih mudah. Para pekerja memanfaatkan smartphone, latop, dan komputer selama menjalankan sistem WFH.

Teknologi digital merupakan sebuah teknologi dengan sistem komputerisasi yang mempermudah sistem operasi secara otomatis. Adanya teknologi bisa membuat pekerjaan seseorang menjadi lebih mudah dan cepat selesai. Dari waktu ke waktu, teknologi digital selalu berkembang menjadi canggih. Keberadaan teknologi digital semakin dibutuhkan terutama di era pandemi seperti ini. Inilah beberapa peran teknologi digital di berbagai bidang selama pandemi.

1. Bidang Kesehatan
Teknologi digital memberikan peran penting di dunia kesehatan. Keberadaan teknologi membuat informasi bisa disebar dengan lebih mudah dan cepat. Pencatatan dan pelaporan bisa dilakukan secara efektif. Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mengharuskan masyarakat tetap berada di rumah selama pandemi. Masyarakat bisa memanfaatkan teknologi digital untuk konsultasi dokter secara online dan mendapatkan obat tanpa harus keluar rumah.

2. Bidang Pendidikan
Selama pandemi kegiatan belajar mengajar menjadi terganggu. Kegiatan di sekolah sementara dihentikan dan siswa diminta belajar dari rumah. Memanfaatkan teknologi digital menjadi solusi yang tepat untuk saat ini. Baik guru, orang tua, dan siswa dituntut untuk bisa menggunakan gadget. Semua kegiatan belajar di sekolah bisa diakses secara online sehingga siswa tidak perlu keluar rumah.

3. Bidang Bisnis
Walaupun tidak hanya di era pandemi, kegiatan berbelanja di toko online sudah biasa dilakukan masyarakat. Semenjak adanya PPKM, para penjual mulai memutar otak untuk tetap bisa berjualan. Para penjual mulai memanfaatkan teknologi digital dengan cara membuka toko online untuk menjual dagangan mereka. Disini para penjual harus bisa mengoperasikan gadget untuk tetap bisa berbisnis di era pandemi.

4. Bidang Hiburan
Adanya PPKM di era pandemi membuat berbagai kegiatan tidak bisa diselenggarakan. Seperti halnya konser musik yang tidak bisa dilakukan untuk sementara waktu. Demi tetap bisa menyapa para penggemar, para public figure mulai membuat konser virtual. Adanya teknologi digital tersebut membuat konser virtual lebih mudah dilakukan.

Peran teknologi digital untuk empat bidang di atas memang sangat penting. Tanpa adanya teknologi yang canggih mampu membuat aktivitas masyarakat menjadi terganggu. Tidak ada bidang yang tidak terdampak setelah munculnya pandemi ini. Semua orang mulai memutar otak untuk tetap bisa beraktivitas walaupun menjalankan PPKM. Sebenarnya apa saja contoh teknologi digital?

Ada beragam contoh teknologi digital dengan fungsi yang berbeda – beda. Salah satu teknologi digital yang sering digunakan di era pandemi adalah smartphone. Selama pandemi semua orang dituntut memiliki smartphone untuk mengerjakan pekerjaan dirumah. Para siswa mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi wajib memiliki smartphone untuk tetap bisa belajar secara online.

Selain smartphone, teknologi digital yang tidak kalah penting dimiliki saat pandemi adalah komputer atau laptop. Khususnya bagi anda yang bekerja kantoran atau berjualan secara online, memiliki komputer lebih memudahkan untuk bekerja dari rumah. Contoh teknologi digital lain yang bisa anda manfaatkan antara lain televisi, radio, kamera, printer, ATM, jam, media sosial, dan beberapa teknologi lainnya.

Peran teknologi digital mampu memberikan pengaruh yang besar. Walaupun begitu tidak semua kegiatan menggunakan teknologi digital menjadi efektif. Pemanfaatan teknologi untuk belajar mengajar bisa dikatakan tidak efekif. Proses belajar disekolah lebih efektif jika dilakukan secara tatap muka. Karena itulah PPKM dilakukan hanya sementara. Proses belajar mengajar bisa kembali normal jika keadaan sudah memungkinkan.

Selain bidang pendidikan, ada banyak kegiatan lain yang kurang efektif jika dilakukan secara online. Tentu tidak semua kegiatan bisa dijalankan dari jarak jauh. Memanfaatkan teknologi setidaknya mengurangi sedikit kerugian yang muncul akibat pembatasan aktivitas masyarakat. Itulah beberapa peran penting teknologi digital di era pandemi. Untuk mendapatkan hasil kerja yang efektif, manfaatkanlah teknologi digital dengan lebih bijak.