Platform Pembelajaran dan Pengembangan Skill Online

platform-pembelajaran-dan-pengembangan-skill-online

Platform Pembelajaran dan Pengembangan Skill Online – Di masa lalu, orang perlu mengikuti kursus intensif ataupun menghadiri kelas untuk mempelajari skill atau keterampilan tertentu. Seiring perkembangan waktu, hal itu sudah mulai ditinggalkan. Banyak akses yang sudah hadir secara online dan bisa membantu siapa saja untuk bisa belajar dan menguasai keterampilan tertentu secara lebih mudah dan praktis untuk dilakukan.

Berikut adalah beberapa akses dan platform untuk mempelajari beragam skill baru di berbagai bidang :

Pertama adalah Skillshare. Skillshare merupakan suatu platform yang menyediakan akses untuk belajar beragam materi menarik untuk mendukung proses penguasaan ketermpilan tertentu. Saat ini,sudah ada lebih dari 35.000 kursus yang bisa ditemukan untuk mempelajari beragam bidang keterampilan. Sebagian besar, keterampilan itu memang berkaitan dengan industri kreatif.

Karena itu, bisa ditemukan banyak kursus di bidang desain grafis, fotografi, videografi, hingga animasi dan bidang lainnya. Semua itu tersedia dan bisa dicek untuk mengikuti kursus yang ada. Menariknya lagi, peserta kursus tidak hanya sekedar mendapatkan materi untuk belajar.

Ada tugas yang bisa diberikan oleh pengajar dalam kursus tersebur dan kemudian orang lain bisa menanggapi dan memberikan komentar untuk tugas yang diunggah untuk penilaian. Tak hanya itu, bertanya pada siswa lain pun bisa dilakukan sehingga akan ada lebih banyak interaksi dan tidak sebatas komunikasi satu arah saja. Dengan adanya tugas itu, peserta kursus pun bisa mengetes kemampuan dan pemahaman dan pengajar akan bisa memantau perkembangan peserta kursusnya.

Lalu, ada juga LinkedIn Learning. Sesuai namanya, ini memang berasal dari LinkedIn. Bagi banyak orang yang sudah mulai menginjak dunia karir, tentu nama LinkedIn sudah tidak lagi asing. Ini menjadi platform bagi orang-orang untuk membuat profil kemampuan dan pengalaman kerjanya untuk nantinya bisa membantu proses recruitment. Tak hanya itu saja, ternyata LinkedIn juga menyediakan platform untuk belajar dan kursus.

Platform ini tersedia sejak LinkedIn dan Lynda.com bekerja sama dan melahirkan akses platform ini. Setidaknya, saat ini sudah ada ribuan kursus yang tersedia dan ini disediakan oleh orang yang sudah profesional di bidangnya masing-masing. Tidak sembarang orang bisa memberikan kursus di LinkedIn Learning. Selain harus mampu dan menguasai bidang yang ada, pengajar juga harus mampu menguasai penyampaian materi dan kemampuan mengajar yang bagus.

Dengan kata lain, LinkedIn memiliki mekanisme quality control untuk menjamin kualitas yang ada. Usai menyelesaikan kursus yang ada, peserta pun akan mendapatkan sertifikasi resmi dari LinkedIn dan itu bisa ditambahkan di profil LinkedIn. Walau kursus yang ada ini tidak terakreditasi, kredibilitas dari LinkedIn dan juga quality control yang ada akan menjamin kualitas para peserta kursusnya.

https://artjunction.org/platform-pembelajaran-dan-pengembangan-skill-online

 

Coursera menjadi platform pembelajaran lainnya. Berbeda dengan platform yang sudah disebutkan sebelumnya, Coursera ini merupakan platform yang sudah terakreditasi dan ini pun berasal dari lembaga pendidikan yang sudah terkenal di dunia. Karena itu, tentu kualitas kursus yang ada akan sangat bagus dan peserta kursus akan mendapatkan sertifikat resmi usai selesainya program yang ada.

Cousera berafiliasi dengan banyak institusi pendidikan dan juga universitas hingga beragam perusahaan. Sebagian besar kursus yang ada memang fokus pada bidang sains. Pengajar yang ada pun tentu terpilih dan itu adalah orang-orang profesional yang mempunyai kemampuan dan bahkan sudah banyak dikenal sebagai tenaga ahli di bidang yang diajarkan.

EdX menjadi platform bagi orang-orang yang menginginkan pendidikan formal. Penyedia platform ini sudah bekerja sama dengan cukup banyak unversitas top di dunia untuk menjamin kursusnya itu memang berkualitas dan jelas sudah terakreditasi juga. Dari segi jumlah program kursus yang ada, jumlahnya memang tidak sebanyak platform lainnya.

Namun, ini memberikan sistem kursus layaknya pendidikan formal dengan pengajar yang tentu sudah pasti telah lolos kualifikasi dan tidak sembarang orang bisa membuka kursus di platform ini. Belum lagi, pengajarnya memang harus sudah berafiliasi dengan institusi pendidikan yang diakui oleh EdX sehingga kualitasnya akan semakin terjamin.

Untung di bidang bisnis, terutama di bidang pemasaran, ada iSpring Market. Platform ini memang unik dengan cakupan khususnya di bidang bisnis. Platform pembelajaran ini mudah digunakan dengan interface yang sederhana dan menarik. Para peserta kursusnya adalah orang-orang yang memang ingin segera siap dan kompeten dalam memasuki dunia kerja dan kursus yang diberikan pun sangat kredibel.

Interaksi dengan pegajarnya juga akan mudah da nada sertifikat bagi peserta yang telah menyelesaikan kursus di iSpring Market. Kursus pun bisa sangat fleksibel sehingga ini tidak akan terpaku pada jadwal yang tertentu yang pasti dan justru mengekang peserta kursusnya. Kebanyakan platform kursus online tersebut tentu berpusat di luar negeri.

Dengan begitu, tentu kendala dalam bahasa akan menjadi salah satu kendala yang akan cukup merepotkan karena kebanyakan kursus akan tersedia dalam bahasa Inggris. Ditambah lagi, semuanya itu tentu berbayar. Kalau anda ingin akses yang tidak berbayar, ada Khan Academy walau memang akses yang ada itu tidaklah seperti suatu kursus tapi lebih pada penyediaan materi pembelajaran untuk pengembangan keterampilan tertentu.

Lalu, ada pula Skill Academy yang berasal dari Indonesia. Skill Academy ini mempersiapkan pesertanya untuk mendapatkan keterampilan tertentu dengan durasi dan materi kursus yang telah terstruktur. Bahkan, ini pun terkait dengan Kartu Pra-Kerja yang merupakan agenda dari pemerintah Indonesia untuk pengurangan pengangguran.

Dengan begitu, sudah pasti ini memberikan kursus dalam bahasa Indonesia dan pengajarnya juga pasti sudah profesional dengan kualitas yang tidak akan mengecewakan. Dengan sudah adanya banyak platform tersebut, tentu orang tinggal memilih saja yang dirasa cocok.